Jumat, 26 Februari 2010

Teh Putih (White Tea)

Blog saya kali ini mengupas tentang Teh Putih (White Tea).

Entah kenapa saya tiba-tiba tertarik untuk cari tahu tentang seluk beluk teh. Ini karena beberapa waktu lalu mama beli teh Putih(White tea) kalengan banyak banget. rencana nya sih buat "obat" kata mama. Awal nya saya tidak mengetahui bahwa teh itu ternyata macam-macam, dan ada pula teh putih beserta khasiat nya. Penasaran juga ???? Search ajah di Goolge > teh putih > ok.

Loading.....

Akhirnya nemu juga, buanyak banget artikel yang muncul. Saya klik salah satu sampai salah 5 nya deh.. dan so, wandafa.

ternyata,

Teh
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Teh adalah minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. 
  
Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok : teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Istilah "teh" juga digunakan untuk minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh, misalnya, teh rosehip, camomile, krisan dan Jiaogulan. Teh yang tidak mengandung daun teh disebut teh herbal.


Teh dikelompokan berdasarkan cara pengolahan. Daun teh Camellia sinensis segera layu dan mengalami oksidasi kalau tidak segera dikeringkan setelah dipetik. Proses pengeringan membuat daun menjadi berwarna gelap, karena terjadi pemecahan klorofil dan terlepasnya unsur tanin. Proses selanjutnya berupa pemanasan basah dengan uap panas agar kandungan air pada daun menguap dan proses oksidasi bisa dihentikan pada tahap yang sudah ditentukan.
Pengolahan daun teh sering disebut sebagai "fermentasi" walaupun sebenarnya penggunaan istilah ini tidak tepat. Pemrosesan teh tidak menggunakan ragi dan tidak ada etanol yang dihasilkan seperti layaknya proses fermentasi yang sebenarnya. Pengolahan teh yang tidak benar memang bisa menyebabkan teh ditumbuhi jamur yang mengakibatkan terjadinya proses fermentasi. Teh yang sudah mengalami fermentasi dengan jamur harus dibuang, karena mengandung unsur racun dan unsur bersifat karsinogenik.

Tau gag ???? Ternyata Teh Putih lebih berkhasiat di banding dengan Teh Hijau loh.

BERIKUT merupakan kutipan dari 
VIVAnews - Sejumlah peneliti dari Beiersdorf AG, Jerman, menemukan bahwa tak hanya teh hijau yang dapat membantu seseorang untuk mengurangi berat badan. Tetapi juga ada teh putih (white tea).
Seperti dilansir GeniusBeauty, Sabtu, 6 Juni 2009, hasil kesimpulan para peneliti mengatakan bahwa tingginya kadar sejumlah zat antioksidan di dalam teh putih dapat mengurangi berat seseorang.
"Bahkan, kami yakin teh putih jauh lebih sehat dibandingkan teh hitam (black tea) maupun teh hijau (green tea), karena teh putih tak hanya membakar lemak dalam tumbuh, tetapi juga mencegah munculnya sel-sel lemak baru," kata juru bicara penelitian, Beiersdorf AG.
Sekadar informasi, seluruh jenis teh berasal dari tanaman yang sama. Teh hijau, teh oolong, teh hitam, hingga teh putih berasal dari daun tanaman Camellia sinensis.
Hanya saja, teh putih berasal dari daun dan pucuk teh muda, yang mana mengandung kafein lebih rendah dibandingkan daun-daun lainnya, bahkan dengan teh hijau.
Selain membantu program diet atau sekadar mengurangi berat badan, teh yang berasal dari Fujian-China ini, menurut salah satu penelitian di Amerika Serikat, juga membantu kita agar tercegah dari penyakit kanker.
Wah, Keren bener teh ini,,, 
Asal muasal Teh putih nih,,, MAU TAHU???

Teh putih Teh yang dibuat dari pucuk daun yang tidak mengalami proses oksidasi dan sewaktu belum dipetik dilindungi dari sinar matahari untuk menghalangi pembentukan klorofil. Teh putih diproduksi dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan teh jenis lain sehingga harga menjadi lebih mahal. Teh putih kurang terkenal di luar Tiongkok, walaupun secara perlahan-lahan teh putih dalam kemasan teh celup juga mulai populer.


Menurut saya Teh putih (White Tea) lebih enak juga rasanya.Bisa di bilang unik rasanya, yah walaupun sama-sama teh nya. Apaan sih beda nya??? penasaran??? buruan cari gih!!!
Teh itu banyak banget yah khasiat nya,,, Mulai dari sekedar menjadi teman santai, hingga merambah ke dunia kesehatan manusia...

check this One Out.

Teh dikenal sebagai minuman berkhasiat bagi tubuh. Teh putih merupakan salah satu jenis yang berkhasiat mencegah kelebihan berat badan atau obesitas. hasil search di Mbah Google menyatakan " Ekstrak teh putih dapat mencegah jaringan lemak berkembang sehingga menghambat potensi kegemukan dan membantu membakar lemak. Hal tersebut disebabkan ekstrak teh mampu menaikkan metabolisme dan membuat tubuh menjadi langsing. Dengan konsentrasi tinggi antioksidan, teh putih bisa menggantikan sayuran-sayuran hijau lain."

wAH-wah saya musti banyak mengkonsumsi ini, hehehehe.
Berdasarkan penelitian orang-orang pintar sebelumnya juga membuktikan, khasiat teh putih lebih baik ketimbang jenis lain karena mampu mengaktifkan sel manusia yang bertanggung jawab terhadap kegemukan. Seratus tahun lalu, masyarakat China merahasiakan khasiat yang dimiliki teh putih. Beberapa ilmuwan pun telah menyatakan bahwa teh putih tergolong minuman kesehatan. Tak hanya menurunkan berat badan. Teh putih juga diketahui mencegah pengaktifan sel kanker dan juga efektif untuk menangkal radikal bebas serta permasalahan pada kulit. Dengan demikian teh putih mampu mencegah penuaan dan pengerutan pada kulit.

Mari kita Budaya kan Hidup Sehat dan Beautiful.

Mensana in corporisano...(^___^)

4 comments:

Happyka mengatakan...

Bener banget, teh putih rasanya lebih enak (bikin addicted deh). Tapi aku belum dapet info, tahu ngga bisa beli dimana?

Unknown mengatakan...

terima kasih sudah berkunjung....
memang nya anda tinggal dimana sist? kalo di jawa timur, tuh ada teh putih di jual di Kebun teh Wonosari. Coba ajah cari di GALERI TEH Ajah sist. keep kun yah

Produk Halal Indonesia mengatakan...

coba singgah di http://white-tea.co.cc semoga membantu Bro...

SUPER PASAR mengatakan...

jual teh putih sachet 10 gram Rp. 50.000
3 sachet @b 10 gram Rp. 140.000

http://www.produkSUPER.com

Posting Komentar